Teks Berjalan

Belajar HTML Part 18: Cara Membuat Tulisan Berjalan di HTML Nabilah Hannani HTML Anda tentunya pernah melihat teks berjalan atau running text di beberapa media seperti website, TV (umumnya ada pada di layar bagian bawah) dan lain sebagainya. Tentunya, teks berjalan tersebut membuat Anda tertarik untuk membacanya sekaligus bertanya – tanya tentang bagaimana cara membuat teks berjalan seperti itu. Umumnya, teks berjalan pada sebuah website digunakan sebagai media pemberitahuan, informasi pendek, ataupun hiburan (hiasan) semata. Pembuatan teks berjalan tidaklah sulit karena kita hanya perlu memanfaatkan elemen yang disediakan oleh HTML. HTML menyediakan elemen khusus yang disebut dengan marquee. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan dibawah ini : Elemen marquee Elemen marquee digunakan untuk membuat teks atau media lain (seperti gambar atau video) bergerak baik secara horizontal maupun vertikal. Saat ini beberapa browser sudah tidak lagi mendukung elemen marquee sehingga elemen ini jarang digunakan. Dibandingkan menggunakan marquee, Anda lebih dianjurkan menggunakan Javascript dan CSS. Tetapi pada materi kali ini kita akan membahas tentang penggunaan HTML marquee. Untuk dapat membuat teks berjalan, Anda dapat menggunakan pasangan tag Isi teks disini. Pada tag juga terdapat beberapa atribut seperti : Atribut width dan height Atribut width digunakan untuk menentukan ukuran lebar dari elemen marquee dengan nilai angka yang dapat ditulis seperti 18, 15% atau 30px. Sedangkan, atribut height digunakan untuk menentukan ukuran tinggi dari elemen marquee dengan nilai angka yang sama seperti width, yaitu 18, 15% atau 30px. Berikut contoh kode penulisan width dan height di HTML : Atribut Width dan Height di Tag Marquee Teks ini berjalan Setelah Anda menjalankan kode diatas di browser maka akan tampil seperti gambar dibawah ini: atribut width dan height pada marquee Jika Anda tidak memberikan pengaturan untuk width dan height maka width-nya secara default 100% (lebar penuh jendela browser) dan height-nya menyesuaikan dengan ukuran tinggi kontennya. Berikut contoh kode penulisannya di HTML : Default Width dan Height di Tag Marquee Teks ini berjalan Setelah Anda menjalankan kode HTML diatas, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini: tanpa atribut width dan height pada marquee Atribut direction Atribut direction digunakan untuk menentukan arah gerak dari konten yang berada di dalam tag marquee. Dimana terdapat empat nilai di dalam atribut ini yaitu up (atas), down (bawah), left (kiri) dan right (kanan). Secara default jika kita menggunakan nilai “left” maka teks akan berjalan dari kanan ke sisi kiri dan begitu pula dengan nilai “right” maka teks akan berjalan dari kiri ke sisi kanan. Kemudian, untuk “up” akan bergerak dari bawah ke atas sedangkan “down” akan bergerak dari atas ke bawah. Berikut contoh code penulisan dan penggunaannya di HTML : Atribut Direction di Tag Marquee Teks ini ke kanan Teks ini ke kiri Setelah Anda menjalankan kode HTML diatas, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini: penggunaan atribut direction Dibawah ini contoh lain penggunaan atribut direction (up dan down) : Atribut Direction di Tag Marquee Teks ini bergerak dari bawah ke atas
Teks ini bergerak dari atas ke bawah Setelah Anda menjalankan kode HTML diatas, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini: penggunaan direction up down Atribut behavior Atribut behavior digunakan untuk menentukan tipe pergerakan marquee. Nilai yang dapat diisi di atribut behavior yaitu slide, scroll ataupun alternate. Jika Anda tidak membuat atribut behavior di tag maka secara default nilainya adalah “scroll”. Scroll artinya konten bergerak ke sisi yang satu dan muncul kembali dari sisi yang berlawanan. Kemudian, slide artinya konten bergerak menuju ke satu sisi dan ketika sampai di sisi tersebut konten tersebut diam (berhenti bergerak). Sedangkan, alternate artinya konten bergerak menuju ke satu sisi kemudian kembali lagi ke sisi yang berlawan seperti terpantul. Berikut contoh kode HTMLnya : Atribut Behavior di Tag Marquee Welcome
Welcome
Welcome
Setelah Anda menjalankan kode diatas, maka di browser akan tampil seperti gambar dibawah ini: penggunaan atribut behavior di marquee Atribut scrolldelay Atribut scrolldelay digunakan untuk menentukan waktu delay (tunda) per langkah dalam satuan milisekon ( 1 milisekon = 1/1000 sekon) yang diisi dengan nilai angka seperti 100. Dimana nilai default –nya adalah 85. Berikut contoh penulisannya di HTML : Atribut Scrolldelay di Tag Marquee Welcome
Welcome
Welcome Setelah Anda menjalankan kode HTML diatas di, maka di browser akan tampil seperti gambar dibawah ini: penggunaan scrolldelay pada marquee Atribut scrollamount Atribut scrollamount digunakan untuk menentukan kecepatan konten di tag dalam bergerak dengan satuan pixel. Dimana nilai default-nya adalah 6. Berikut contoh penulisan kode HTMLnya : Atribut Scrollamount di Tag Marquee Welcome
Welcome
Welcome penggunaan scrollamount pada marquee Atribut bgcolor Atribut bgcolor digunakan untuk menentukan warna background (latar belakang) pada elemenmarquee. Nilai atribut bgcolor bisa ditulis dengan nama warna (misal:cyan) atau dalam kode hex (#469A9A). Dibawah ini contoh kode HTMLnya : Atribut BGColor di Tag Marquee Welcome Tampilan di browser akan seperti ini: penggunaan atribut bgcolor pada marquee Atribut HSpace Atribut HSpace digunakan untuk menentukan ruang kosong (space) yang horizontal pada kiri dan kanan marquee. Biasanya diisi dengan nilai yang berupa angka seperti 20, 15% atau 40px. Agar lebih jelas, simak contoh kode HTMLnya dibawah ini Atribut HSpace di Tag Marquee Welcome
Welcome
Welcome Ketika kode HTML diatas dijalankan, maka tampilannya akan seperti ini: Penggunaan atribut HSpace pada marquee Atribut VSpace Atribut VSpace digunakan untuk menentukan ruang kosong (space) yang vertikal pada atas dan bawah marquee. Biasanya diisi dengan nilai yang berupa angka seperti 20, 15% atau 40px. Contoh penulisan atribut ini bisa Anda lihat dibawah: Atribut VSpace di Tag Marquee Welcome
Welcome
Welcome Setelah Anda menjalankan kode diatas, maka di browser akan tampil seperti gambar dibawah ini: Penggunaan atribut VSpace pada marquee Atribut loop Atribut loop digunakan untuk menentukan berapa kali konten marquee berulang dengan nilai defaultnya adalah tak terbatas. Berikut contoh HTMLnya : Atribut Loop di Tag Marquee Welcome
Welcome Setelah Anda menjalankannya di browser, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini: penggunaan atribut loop Penggunaan tag pada gambar Tag dapat diterapkan tidak hanya pada teks tetapi juga pada gambar. Anda cukup meletakkan source gambar di antara pasangan tag . Berikut contoh penulisan kode HTMLnya : Gambar di Tag Marquee Setelah Anda menjalankannya di browser, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini: gambar pada marquee Itulah materi cara membuat tulisan atau gambar berjalan di HTML menggunakan tag marquee. Misalkan ada pertanyaan seputar tag marquee ini, bisa Anda tanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan. Selanjutnya ikuti materi belajar HTML selanjutnya mengenai cara membuat tabel di HTML.

Selasa, 14 Januari 2020

SISTEM OPERASI, SOFTWARE APLIKASI DAN BAHASA PEMROGRAMAN BESERTA PERBEDAANNYA

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Contoh Sistem Operasi Komputer
Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X
Pengertian Software Aplikasi
Pengertian software aplikasi, yaitu suatu program computer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang rumah.
Pengertian software aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta produktivitas kerja.
Perangkat lunak penunjang produktivitas kerja memberikan peranan yang sangat bermanfaat untuk optimalisasi mutu kerja.
Seluk Beluk Software Aplikasi
Berikut beberapa jenis perangkat lunak yang terdapat dipasaran untuk aplikasi computer.
 Perangkat lunak hiburan. Beberapa contoh dari software ini, yaitu winamp untuk mendengarkan music, games, dan sebagainya untuk hiuran.
 Perangkat lunak pendidikan. Berguna untuk mempelajari atau mereferensikan tentang pendidikan atau pengetahuan.
 Perangkat lunak bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya.
 Perangkat lunak khusus.
 Perangkat lunak produktivitas kerja.
Pengertian software aplikasi pada software produktivitas kerja adalah sebagai berikut :
 Word processing
Word processing disebut juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya.
Gramer checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. Thesaurus adalah untuk mencari padanan kata.
 Spreadsheet
Spreadsheet berupa sekumpulan sel yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf. Beberapa contoh nama spreadsheet, yaitu Claris Resolve dari corporation, excel dari Microsoft, lotus 1-2-3 dari Lotus. Development Corporation, StarOffice Calc dari Sun Mycrosystems.
 Desktop publishing
Biasanya digunakan untuk mencetak undangan. Cocok sekali bagi yang ingin membuka usaha percetakan, karena ia bisa menggabungkan metode dari perangkat lunak yang lain. Contoh nama dari program desktop publishing, yaitu corel draw, frame maker, indesign, venture, dan lain-lain.
 Presentasi grafik
Software ini biasanya digunakan untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan presentasi mudah dan cepat. Anda juga bisa menambahkan fitur-fitur penambah cantinya bahan presentasi anda. Contoh aplikasi ini adalah dengan menambahkan gambar animasi atau bahkan menambahkan video untuk ditayangkan guna memperjelas bahan presentasi. Contoh nama software ini adalah StarOffice Impress, FreeLance Grafics, Power Point, dan lain-lain.
 Komunikasi
Software ini berfungsi untuk berkomunikasi antar orang melalui e-mail (electronic-mail), atau disebut juga dengan surat elektronik. Beberapa contoh nama software email ini adalah Perfect Office, Kmail, Outlook Express, Netscape messenger, dan lain-lain.
 Personal Information Manager (PIM)
PIM sangat berguna untuk mengelola informasi pribadi, seperti tugas, jadwal, rekanan atau klien dan juga keuangan. Beberapa contoh dari software ini adalah commence, computer organizer, lotus organizer, Microsoft outlook.
 Manajemen Data
Software manajemen data disebut juga dengan DBMS ( Database Managenent System ). DBMS berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.
Beberapa contoh nama DBMS, yaitu access dari Microsoft corporation, paradox, visual Dbase, visual express, dan visual foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya mampu menyediakan fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak berwewenang.
Pengertian Bahasa Pemrograman
Pengertian bahasa pemrograman adalah suatu perangkat lunak dan bahasa yang digunakan untuk membuat program-program komputer atau sering disebut sebagai bahasa kompute. Bahasa pemrograman menggunakan sistem tata bahasa tertentu atau kata-kata unik untuk dijadikan kode yang bisa menjalankan perintah tertentu pada komputer. Bahasa pemrograman inilah yang membentuk struktur perangkat lunak sebagai inti dari komputer untuk menjalankan perangkat keras. Tanpa perangkat lunak yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman, maka perangkat keras tidak akan berjalan dengan baik atau bahkan tidak dapat berjalan sama sekali.
CPU komputer pada dasarnya hanya bisa berkomunikasi menggunakan kode mesin, yakni menggunakan angka 0 dan 1 saja. Kode mesin inilah yang berperan dalam mengkomunikasikan data dalam komputer. Karena CPU hanya mengerti bahasa dengan kode mesin, sedangkan manusia kesulitan melakukannya, maka dibuatlah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman utamanya pada level tinggi memiliki syntax logika yang mendekati bahasa manusia, sehingga dapat digunakan oleh manusia. Namun supaya dapat berkomunikasi dengan CPU, maka program yang telah ditulis oleh manusia tersebut harus diubah menjadi bahasa mesin. Perubahan ini membutuhkan satu perangkat lunak yang disebut sebagai compiler.
Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga, yakni bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat rendah dan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa mesin hanya dipakai untuk membuat sistem inti perangkat komputer seperti yang tertanam pada BIOS, chip-chip tertentu dan lain sebagainya. Bahasa ini hanya terdiri dari 0 dan 1 saja yang disebut sebagai byte. Lalu ada bahasa pemrograman tingkat rendah yakni bahasa assembly yang digunakan untuk berkomunikasi dengan hardware, membantu komputer mengingat memori dan terdapatnya alamat simbolis yang berhubungan dengan bahasa mesin. Sedangkan bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrogaman yang memiliki baris perintah yang mendekati bahasa manusia sehingga lebih mudah digunakan.
Perbedaan Sistem Operasi, Program Aplikasi, dan Bahasa Pemograman
Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware . Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardware yang bermacam-macam.
Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware.
Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi.
Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Permainan
7. Program Multimedia
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi .
Contoh Sistem Operasi :
• Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista, WIndows NT (untuk jaringan).
• Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
• Produk Apple : Macintosh
• Produk IBM : DOS, UNIX
2. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi, mengedit foto, dan sebagainya.
3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.
Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
• Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
• Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
• High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran
• 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FoxPro
4. Program Bantu ( Utility )
Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.
5. Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
6. Program Permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories WIndows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia
7. Program Multimedia
Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM OPERASI, SOFTWARE APLIKASI DAN BAHASA PEMROGRAMAN BESERTA PERBEDAANNYA

Pengertian Sistem Operasi Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan...